Selasa, 30 November 2010

Elemen-elemen Multimedia

Elemen-elemen Multimedia terdiri dari :
1. Objek-objek
   ·      Media Diskrit : elemen tunggal
 §  Icon : gambar semantik (seperti simbol STOP). Pemakai harus terlebih dahulu mempunyai pengetahuan mengenai icon.
 §  Grafik : menjadi tujuan.
 §  Citra : yang dihasilkan dari komputer, bisa berupa grafik 2D/3D tergantung sumbernya (seperti foto).
 §  Teks : ukuran, tipe huruf, warna.
   ·      Media Kontinu : elemen tunggal yang disusun berdasarkan waktu
  o   Gambar bergerak (audio + video).

2. Layout Spasial
   ·      Absolut
  §  Koordinat relatif dengan aslinya / umumnya (pojok kiri atas), ex : aplikasi Windows.
   ·      Relasi berarah
  §  Menentukan susunan dalam ruang, ex : peta subway (petunjuk arah).
   ·      Relasi topologi
  §  Posisi elemen terhadap elemen lain, ex : contains, inside of, equals, cover, overlap, disjoint, covered by.
   ·      Alur teks
  §  Alur berdimensi satu, ditunjukkan dengan area berdimensi dua.

3. Dimensi Temporer
   ·      Model temporer :
  §  Terbatas : mis. 6 detik.
  §  Tidak terbatas : mis. pemakai mengklik button.
  §  Relasi paralel dan sekuensial, mis. 2 video dimulai bersamaan atau 1 video dimulai setelah yang pertama selesai.
   ·      Animasi
  §  Gabungan dimensi temporer dan layout spasial (posisi suatu objek berubah sesuai dengan waktunya).

4.Interaksi Pemakai
   ·      Level Interaksi Pemakai :
  §  Pasif : hanya visualisasi.
  §  Reaktif : interaksi terbatas, ex : fs. Scroll panel.
  §  Proaktif : memilih jalur atau penyeleksian, ex : button.
  §  Reciprocal : berhubungan dengan informasi pembuatan pada pemakai.
   ·      Model Interaksi :
   o   Navigasi : memilih jalur yang diinginkan.
   o   Perancangan : pemakai memodifikasi gaya visual dari presentasi, ex : warna, volume audio.
   o   Bioskop : pemakai dapat mengontrol waktu keseluruhan (pada VCR, ex : play, stop).

5. Logika Aplikasi
   ·      Presentasi multimedia tradisional, tidak perlu logika :
  §  Kunjungan virtual ke museum, menu DVD.
   ·      Sistem interaktif real-time :
  §  Dunia virtual reality, permainan.
   ·      Logika aplikasi membutuhkan bahasa pemrograman (if case, goto ...)
  §  Bahasa terkompilasi : C, C++.
  §  Virtual machine : Java.
  §  World Wide Web, MPEG-4, Director : scripting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar